www.flickr.com

Natal dan Halal Bi Halal

December 11th, 2004 | by Richardus Sendjaja |

Hari Sabtu, tanggal 11 Desember 2004 APL Manado mengadakan acara Ibadah Natal dan sekaligus Halal Bi Halal. Kedua acara keagamaan yang dipadukan menjadi satu acara melambangkan bahwa tingkat toleransi beragama di Sulawesi Utara khususnya Manado berjalan baik.

Kegiatan ini juga sebagai wadah untuk saling mengenal dan bersilahturami antar sesama karyawan dan principal serta keluarga, juga sebagai pemupuk tali persaudaraan yang lebih erat. Kiranya ini membawa damai makin melimpah dalam hati kita semua. Sesuai dengan sub tema Natal: “ Dengan Hikmah perayaan Natal dan Halal Bi Halal kita bina persaudaraan diantara sesama karyawan dan principal untuk meningkatkan etos kerja mencapai prestasi cemerlang”.

Susunan Panitia

Ketua : Freddy Winokan
Bendahara : Deasy Tindas
Seksi Liturgi/Acara : Jon Patone, Selamat Maili
Seksi Komsumsi : Juliana Sigarlaki
Seksi Perlengkapan dan Dokumentasi : Jerie Ong, Stanly Terok
Seksi Keamanan : Lius Teneh
Seksi Kebersihan : Abdul Jalil

Maka, sejak pagi hari, sudah tampak kesibukan panitia dan seluruh karyawan berbenah menyiapkan diri agar acara nanti sore dapat berlangsung secara sukses.

Tenda didirikan (bukan tenda biru lho), juga spanduk-spanduk sponsor yang turut dipasangkan antara lain: Ovaltine, serta ornamen redoxon, durex, sebagai pesan-pesan sponsor.

Panitia telah menyiapkan beberapa door price, yang juga gimmick yang merupakan sumbangan dari para principal dan dari APL sendiri. Hadiah utama kali ini adalah berupa travel kompor gas, hadiah dari Principal Johnson-Johnson yaitu Sdr. Ricky M. Yunus. Ada pula Kaos Redoxon, jam dinding Beroca, tas pinggang, dan cangkir dari Principal Roche yaitu Sdr. Hersin, serta payung dari Principal Sandoz yaitu Sdr. Frenick. Untuk acara tukar kado bagi sesama karyawan, juga telah disiapkan oleh para karyawan.

Sebelum acara dimulai, menu makanan sudah dipersiapkan sebagai acara ramah tamah yang pasti akan paling ditunggu-tunggu. Sound system di tes. Tes-tes-tes, satu-dua-tiga. Para penyumbang suara juga men-tes suaranya, apakah cukup merdu atau sedikit fals. Dari Selamat Maili, Jon Patone, Freddy Winokan, juga para karyawan lain dengan suka rela berkaroke diiringi dengan organ tunggal. Merdu nian suara yang menembangkan lagu-lagu pujian.

Untuk acara Natal kali ini, APL dimeriahkan oleh kedatangan Sinterklas, yang akan membagi-bagikan kado para para anak-anak, putra/tri karyawan. Siapa kah yang menjadi Sinterklas APL Manado? Ibrahim, atau yang biasa dipanggil Imba, Salesman Mix CHPD, bersedia menjadi Sinterklas, karena memang memiliki potongan tubuh (baik potongan, jaitan, dan obrasan juga pas atau cocok) “tambun” yang cocok dan sesuai. Maka di permak-lah Imba menjadi sosok Sinterklas yang sangat berwibawa. Kali ini Sinterklas tidak ditemani oleh Zwarte Piet, karena dengan pertimbangan anak-anak nanti malah pada ketakutan, melihat Sinterklas aja sudah perlu keberanian.

Wah, terlihat bahwa acara memang telah disiapkan dengan matang dan pasti akan meriah dan penuh suka cita, walaupun diadakan secara sederhana.

Acara dimulai jam 16.00 sore, acara dipandu oleh Sdr. Jon Patone selaku seksi acara, dan dibuka oleh pelaporan ketua panitia Sdr. Freddy Winokan. Dilanjutkan ke acara inti yaitu siraman rohani dari saudara kita yang beragama Moslem, diwakili oleh, “ustadz” Jemmy Kolanus (Salesman J&J) dan ibadah Natal oleh Bp. Pendeta Christopher. Kehadiran Pendeta Christopher adalah merupakan suatu kebahagian dan anugerah tersendiri bagi acara Ibadah Natal ini, karena pada awalnya Panitia berencana tidak mengundang Pendeta, dengan pertimbangan Sdr. Jon Patone dianggap cukup mewakili.

Acara makan-makan, adalah merupakan acara yang ditunggu-tunggu, hidangan sudah tersedia dan dibuat sendiri oleh karyawati APL. Menu atau hidangan yang tersedia antara lain Sup Macroni, Cap Cay, Ayam rica-rica, ikan bakar, kakap asam manis, dan Es kelapa muda. Namun sebelum acara makan dimulai, ada sumbangan deklamasi atau puisi dari Jeffstrong Paulus, serta doa makan . Maka berhamburanlah para undangan ke meja makan, weleh-weleh, benar-benar nikmat. Dan sungguh lezat masakan karyawati APL Manado.

Setelah makan kenyang, acara selanjutnya adalah acara membagi-bagi kado bagi para anak oleh Sinterklas, yang sudah menunggu dari tadi. Psst,… perut gendut Sinterklas lagi keroncongan, lapar, karena kumis dan janggutnya yang lebat, belum sempat makan. Untung masih banyak cadangan devisa disekitar perutnya (terus terang aja, bilang lemak yang mengunung itu lho dianggap sebagai devisa, devisa agar tahan lappparrr…).

Acara bagi-bagi Kado, bagi putra-putri karyawan menjadi acara yang sangat lucu dan penuh tawa dari para karyawan melihat tingkah pola Sinterklas yang sangat tepat berinteraksi dengan anak-anak, ada anak yang kelihatan sangat senang, yang dari awal sudah membututi / mengekori(padahal Sinterklas tidak punya ekor) kemana pun Sinterklas berada, ada juga yang ketakutan dan menangis. Apalagi ada beberapa nasehat dari Sinterklas (titipan pesan dari Ortu-nya) sebelum hadiah diberikan kepada sang anak, diembel-embeli dengan celetukan atau gurauan dari Sinterklas. Ada juga sun pipi dari Sinterklas, hampir aja ada sun pipi tersebut kesasar ke ibu / tante dari anak ybs (ich, Sinterklasnya genit). Seru dan lucu banget deh.

Acara terus bergulir kepada acara door price, dan hadiah undian ditarik oleh Kacab, dan hadiah utama diberikan kepada no. 33, nomor undangan atas nama Nina – Admin Sales Pharma. Selamat yah Nina, anda telah mendapatkan Travel Kompor Gas. Dan dillanjutkan nomor undian lainnya, tenang, panitia telah menyedia sebanyak 17 hadiah sebagai door price.

Sebagai penutup, acara tukar kado, hanya sayangnya, kado tsb tidak dibuka langsung, khan seru, walaupun dikado sudah tertulis si pemberi kado. Harga kado dibatasi dengan minimal harga Rp. 15.000,-.

Malam, sekitar jam 19.00. Acara selesai. Saat yang lain sedang sibuk berbenah, merapikan dan membersihkan tempat acara yang kini banyak menyisakan piring-gelas kotor. Masih terdengar bunyi Klotek-tek-klotek-tek, bunyi piring dan sendok beradu. Lho acara makan sudah selesai, siapakah yang masih kelaparan dan rakus nich. o-la-la, Imba (bukan Sinterklas lagi) sedang lahap makan, lega, sudah lepas semua kumis, jenggot, dan jubah kebesarannya. Jadi saatnya show time, makan. Ha,ha,ha… iyalah dari tadi Imba memang belum makan hidangan.

Bagi rekan-rekan, karyawan APL Manado, yang namanya tidak disebutkan dalam bagian nuansa Natal & Halal Bi Halal, mohon dimaafkan, dan tentunya dengan tidak mengurangi rasa hormat, maka ucapan terimakasih setulus dan sepenuh kasih ditujukan kepada seluruh karyawan/ti APL yang turut menyuskseskan acara ini : Kalian Semua Memang Layak Dapat Bintang.

Ya, itulah acara kami di Manado. Terimakasih atas dukungan dari semua team panitia yang menyukseskan acara ini, juga terimakasih kepada Bp. Agustinus Ung selaku Regional Manager dan Bp. Martinus selaku Direktur Operasional yang telah memberi ijin serta support-nya kepada APL Manado, sehingga APL Manado dapat menyelenggarakan acara Ibadah Natal dan Halal Bi Halal secara sederhana namun sangat berkesan.

Post a Comment

View Richardus Sendjaja's profile on LinkedIn